Keterbukaan Informasi Sekolah Berbasis Papan Data


Apabila sebuah institusi sekolah ingin mendapatkan respon positif dari warga sekolah mulai guru,murid,orang tua dan masyarakat di lingkungan sekitar maka sekolah harus membangun iklim keterbukaan informasi yang menyangkut keberadaan dan aktivitas sekolah,dengan adanya keterbukaan  antara guru dengan guru,guru dengan murid juga pihak sekolah dengan seluruh warga sekolah yang terlibat langsung dengan aktivitas sekolah maka suasana saling percaya akan terbangun dengan sendirinya,hal yang paling penting sekali adalah keterbukaan dalam pengelolaan keuangan disinilah hal-hal yang krusial yang bisa berpengaruh dengan permasalahan lain di sekolah, untuk menghindari sikap saling curiga, terlebih bagi sekolah yang mendapatkan pengelolaan pembiayaan dari dana BOS yang harus jelas sumber pendapatan dan peruntukan penggunaannya maka diantara bentuk pelaporan yang mesti disampaikan ke publik  adalah bentuk pelaporan format K-7 atau K-8 yang harus dapat diakses dalam bentuk Papan Data ditempatkan yang strategis di lingkungan Sekolah,jika hal ini sudah terbangun maka gesekan atau konflik yang tidak perlu akan bisa dihindari sehingga kegiatan Belajar-Mengajar dan pengelolaan sekolah dapat berjalan dengan baik,yang perlu diingat dalam pengelolaan dan manajemen yang sehat adalah; “kejujuran saja belumlah cukup, diperlukan Keterbukaan dan Transparansi”.

Popular posts from this blog

Efektifitas Dana BOS Untuk Perbaikan Pendidikan