Langkah-langkah cara Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan- Pembelajaran) Pada Kurikulum 2013

1. Kegiatan Pendahuluan

o Orientasi
Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi, fenomena alam, fenomena sosial, atau lainnya.
o Apersepsi
Memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan.
o Motivasi
Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
o Pemberian Acuan
Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari.
Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
Pembagian kelompok belajar.
Penjelasan mekanisme pelak¬sana¬an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).

2. Kegiatan Inti 
o Proses pem¬belajaran untuk mencapai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
o Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, me¬motivasi peserta didik
o Menggunakan metode yang disesuai¬kan dengan karakteristik peserta didik dan mata pela¬jaran, yang dapat meliputi proses
Eksplorasi,
Elaborasi, dan
Konfirmasi

3. Kegiatan Penutup
o Kegiatan guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan.
o Pemberian tes atau tugas, dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
o Pada langkah pembelajaran di RPP pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan harus tampak.
o Kurikulum 2013 menekankan penerapan pendekatan ilmiah atau scientific approach pada proses pembelajaran.

Popular posts from this blog

Efektifitas Dana BOS Untuk Perbaikan Pendidikan