Peran Media dalam Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013
Sebagai sebuah model,Pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 merupakan wadah atau konsep materi yang dikemas dalam bentuk tema-tema. PembelajaranTematik diberikan dengan maksud menyatukan konten kurikulum dalam unit-unit atau satuan-satuan yang utuh dan membuat pembelajaran lebih terpadu,bermakna dan mudah dipahami oleh siswa yang pelaksanaannya diorganisasikan sepenuhnya oleh sekolah/Madrasah, Model Pembelajaran tematik yang diintegrasikan dengan mata pelajaran merupakan suatu system pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individu maupun kelompok aktif mencari,menggali,mengeksplorasi dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistic,otentik dan berkesinambungan. Karena itu proses pembelajarannya akan berpusat kepada siswa dan peran guru lebih kepada mengarahkan dan mempersiapkan perangkat pembelajaran yang memadai agar setiap materi yang dipelajari akan berkesinambungan dengan cara mengalami langsung baik itu dengan berinteraksi langsung dengan lingkungan,praktek di lapangan ataupun melalui Media-media Pembelajaran dan alat peraga.