PENGERTIAN SINGKAT AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH

Pengertian singkat akreditasi sekolah/madrasah: Akreditasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah: “Pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu”

Adapun Pengertian akreditasi menurut Undang-Undang Sistim Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003: Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Dalam panduan umum BSNP (Badan Nasional Standar Pendidikan) : Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Setelah mengetahui hal yang paling mendasar mengenai pengertian akreditasi, selanjutnya kita mesti memahami beberapa hal yang berkaitan dengan akreditasi sekolah/madrasah berikut aturan dan berbagai aspek yang mengiringinya, tidak berhenti hanya sebatas pengertiannya saja. Masih banyak yang mesti didalami mengenai akreditasi ini.

Popular posts from this blog

Efektifitas Dana BOS Untuk Perbaikan Pendidikan